Install Android Launcher appsgeyser
| Facebook | Fan Pages | Youtube | Twitter
Info RoelCK :
Blog ini doFollow Ndi'

Tips & Cara Desain Spanduk Kain Sablon

Kamis, 29 November 2012



Perkembangan teknologi Desain Grafis khususnya dalam pembuatan media luar ruang yang digunakan sebagai Media Advertising (periklanan) seperti Spanduk, Umbul-umbul ataupun Baliho sudah mengalami inovasi yang sangat pesat dalam perkembangannya. Yang populer saat ini adalah pembuatan banner dengan Digital Print. Banyak kelebihan-kelebihan dari Banner Digital Print seperti; mudah mengkombinasikan antara warna dan gambar untuk hasil desain yang sempurna, bahan dasar banner yang awet dan tahan lama, biaya produksinya yang relativ mahal tapi sebanding dengan kualitasnya serta produksinya pun tidak memakan waktu yang lama dan masih banyak lagi kelebihan-kelebihan dari Banner Digital Print.
Di lain fungsi dan kebutuhan banner digital print tentu dikenal juga dengan Spanduk Kain Sablon. Walaupun kelebihan spanduk kain sablon tidak sebanding dengan spanduk digital print tapi spanduk sablon juga memiliki kelebihan dan manfaat yang unik. Karena spanduk sablon berbahan dasar terbuat dari kain yang ramah lingkungan maka banyak sekali manfaat yang bisa digunakan dari bekas spanduk kain yang tidak terpakai; seperti bisa dibuat sebagai pakaian, seprai tempat tidur, kain penutup sekat ruangan dan manfaat-manfaat lainya yang sering dijumpai di lingkungan sekitar.
Oleh karena itu teknik pembuatan spanduk kain sablon yang sederhana menjadikan salah satu alternativ bagi yang membutuhkan media promosi yang murah serta waktu produksi yang tidak terburu-buru. Begitu juga dalam pembuatan desain nya, sudah pasti teknik mendesain spanduk kain sablon sangat berbeda dengan teknik mendesain spanduk digital print, mudah-mudahan tips ini dapat bermanfaat menjadi acuan dalam membuat desain spanduk kain sablon :
  1. Meminimalisir layout desain dan warna, tapi tidak mengurangi maksud dan tujuan informasi yang akan dituangkan kedalam spanduk.
  2. Menghindari penggunaan foto ataupun gambar dan warna-warna gradasi. Bila hendak menggunakan foto ataupun gambar, ada baiknya foto dan gambar dibuat raster(menjadi vector) atau dibuat seperti dot pixel (titik-titik yang membentuk sebuah gambar) dengan ukuran yang besar.
  3. Mengkombinasikan warna kain dengan warna tulisan atau lebih banyak bermain dengan warna-warna yang solid (pekat), seperti Merah, Hijau, Biru, Coklat ataupun Hitam. Bila ingin bermain dengan warna soft (warna lembut) seperti warna Ungu, Pink ataupun Kuning bisa ditambahkan garis tepi (line stroke) warna pekat pada tulisan.
  4. Menggunakan ukuran skala Meter ataupun Centimeter serta resolusi gambar yang ideal, seperti resolusi 300 DPI, 72 DPI dan 32 DPI sesuai kebutuhan spanduk yang akan dibuat.
Ukuran skala yang ideal dalam desain spanduk (contoh desain yang dibuat dengan Adobe Photoshop):
  • ukuran asli spanduk = 12 M X 6 M jadi ukuran desain di Photoshop nya = 1200 CM X 600 CM, resolusi 32 DPI.
  • ukuran asli spanduk = 5 M X 0,90 M jadi ukuran desain di Photoshop nya = 500 CM X 90 CM, resolusi 72 DPI. 
- Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Tips & Cara Desain Spanduk Kain Sablon
Share this article :

1 Responses to "Tips & Cara Desain Spanduk Kain Sablon"

cetak spanduk di jakarta selatan mengatakan...

Tips dan cara desain spanduk ini merupakan info yang menarik bagi pemula yang ingin mencoba usaha jasa cetak spanduk.

 
Rck - All right reserved
Roel Cipta Kreasindo | Personal Blogging Free Sharing Inform
© Blogmaker | Roel 2011 - 2012
Copyright © 2011 - 2012 roel cipta kreasindo sinjai - All rights reserved